Tips Interview Kerja dan Jawabannya

Tips Interview Kerja dan Jawabannya

Saat melamar pekerjaan tentu ada beberapa tahapan yang harus Anda lewati seperti memasukkan surat lamaran dan juga tes interview. Interview merupakan tahap pertama dan bisa menjadi penentu menuju ke tahap selanjutnya. Di sana Anda akan dimintai beberapa pertanyaan seputar data diri, pengalaman kerja dan kemudian tentang tujuan Anda mengajukan lamaran di perusahaan yang bersangkutan.

Tips Interview Kerja dan JawabannyaTips Lolos Interview Kerja

Interview bisa dibilang menjadi tahapan yang penting karena akan mempengaruhi ke sekmen selanjutnya nanti. Apabila tes wawancara tersebut berhasil dilewati maka tahap selanjutnya adalah tes tertulis apabila perusahaan mengadakannya. Namun, kebanyakan perusahaan swasta tidak memakai tes tertulis seperti halnya para pekerja di sektor pemerintahan. Perusahaan milik swasta biasanya hanya melakukan tes interview saja, oleh karena itu Anda harus tampil cemerlang jika ingin direkrut. Berikut ini ada beberapa tips supaya bisa lolos saat melakukan tes wawancara.

1. Harus percaya diri bila diberi pertanyaan seputar data diri
Pertanyaan yang sering muncul dan pertama kali diajukan adalah tentang data diri. Misalnya Anda disuruh memperkenalkan diri kemudian di suruh menceritakan tentang kehidupan Anda sehari-hari. Pada waktu memperkenalkan diri, Anda harus percaya diri dan jika diminta menceritakan tentang kehidupan Anda seperti latar belakang pendidikan, maka jawab dengan rasa percaya diri dan juga tegas. Namun jangan terlalu berlebihan supaya tidak dicap sombong.

2. Jangan pernah menjawab tidak
Dalam sesi wawancara pastinya ada salah satu pertanyaan yang mungkin tidak bisa Anda jawab. Namun, Anda jangan langsung mengatakan tidak atau pun tidak bisa, hal ini akan mempengaruhi performa karena Anda sudah dicap tidak meyakinkan oleh HRD perusahaan tersebut. Meskipun Anda tidak bisa menjawab atau melakukan apa yang diminta, Anda jawab saja bisa atau iya. Ini juga sebagai salah satu cara untuk mengetahui kesanggupan serta kinerja Anda nantinya.

3. Pakaian yang rapi
Tidak bisa dipungkiri bila pakaian yang rapi bisa mempengaruhi lolosnya tes wawancara atau pun tidak. Mengapa? Karena penampilan bisa dibilang penting karena jika itu merupakan perusahaan yang membutuhkan pegawai untuk bisa berhubungan dengan orang banyak seperti PR, maka penampilan menjadi hal yang utama. Bukan berarti menuntut harus cantik atau tampan tetapi yang penting penampilan harus sopan bajunya rapi dan lain-lain.

4. Menjawab berapa gaji yang diinginkan
Di setiap tes interview pasti akan muncul pertanyaan tentang berapa gaji yang diinginkan. Jangan sesekali menjawab “terserah Anda” karena nantinya bisa jadi Anda akan dibayar cuma-cuma. Jawablah dengan jawaban yang baik seperti dibayar dengan standar dari perusahaan, UMR atau pun gaji yang sesuai dengan profesi yang dilamar.

Tips Interview Kerja dan Jawabannya5. Senyum
Meskipun saat wawancara Anda dituntut untuk serius dan focus tetapi jangan sampai lupa untuk tersenyum dan santai. Hal ini penting supaya Anda tidak dicap sebagai orang yang tidak bisa tersenyum. Bila profesi yang Anda lamar itu seperti customer service, maka syarat utama adalah murah senyum. Namun apa pun profesi yang Anda lamar, selalu bersikap ramah itu sangat penting supaya tercipta suasana nyaman di lingkungan kerja.

Beberapa tips di atas merupakan cara supaya bisa lolos interview. Berikan jawaban yang sesuai dengan data diri apabila itu menanyakan identitas, kemudian berikan juga jawaban yang meyakinkan seputar tujuan Anda bekerja. Jangan pernah berkata tidak bila saat melakukan wawancara karena akan mempengaruhi performa Anda selanjutnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*