Karakteristik Peci Rajut

peci rajut

Beberapa daerah di Indonesia memiliki penutup kepala yang khas dengan nama-nama yang berbeda pada masing-masing daerahnya. Salah satu penutup kepala yang umum digunakan oleh orang Indonesia adalah peci. Peci sendiri juga memiliki aneka pilihan dan beragam bentuk, nama dan warna. Peci rajut merupakan salah satu ragam jenis penutup kepala yang populer di Indonesia. Perlengkapan penutup kepala memang memiliki beragam bentuk mulai dari, peci, songkok, blangkon, hingga sorban. Penjelasan lebih detail mengenai karakteristik peci yang dibuat dengan rajutan adalah berikut.
peci rajut
Beberapa Karakteristik Peci Rajut

Peci yang dibuat dengan cara merajut tentu memiliki beberapa perbedaan dengan peci lain, baik dari bentuk atau pun kelebihannya. Peci rajut memiliki bentuk yang berbeda dengan peci lain, peci ini juga memiliki kelebihan seperti mudah dalam perawatannya dan luwes dalam pemakaiannya. Berikut keterangan lebih lengkap tentang karakteristik peci atau penutup kepala yang dibuat dengan rajutan.

1.    Bentuk
Jika peci atau kopyah biasa berbentuk oval, maka berbeda dengan peci rajut yang bentuknya seperti setengah bola dengan bagian atas yang menjadi awal rajutan. Bobot dari peci jenis ini biasanya juga lebih ringan dibandingkan dengan peci beludru yang didalamnya ada semacam kertas. Bentuknya yang setengah bola dan bahannya yang lembut membuat peci ini bisa mengikuti bentuk kepala dengan sempurnanya sehingga pemakainya akan merasa lebih nyaman dan pas, benar-benar menempel kuat di kepala. Bentuk rajutan yang biasanya memiliki celah kecil bisa menjadi lubang untuk sirkulasi udara. Dengan bentuk seperti itu akan membuat pemakainya lebih nyaman dan tetap merasa sejuk walaupun kepalanya ditutup.

2.    Bahan
Bola atau bahan rajutan umumnya lembut dan juga ringan. Dengan cara merajut peci bisa disesuaikan warna dan polanya berbeda dengan peci atau kopyah biasa yang warnanya hanya satu. Peci rajut dapat dibuat dengan berbagai warna pada tiap tingkatan rajutan sehingga Anda bisa lebih berkreasi dengan peci tersebut. Bahan rajutan juga memiliki kelebihan dalam segi perawatan, Anda dapat mudah mencuci peci tersebut tanpa khawatir akan merusaknya. Berbeda dengan peci yang terbuat dari bahan beludru yang tidak baik jika Anda bersihkan dengan cara mencucinya. Dengan rajin mencuci tentu peci Anda akan lebih bersih dan tetap wangi. Perawatan yang mudah tersebut tentu akan membuat peci lebih awet dan bisa dikenakan lebih lama.

3.    Penggunaan
Penutup kepala atau peci yang dibuat dengan cara merajut dapat digunakan oleh semua umur dan dalam berbagai acara. Peci jenis ini bisa digunakan mulai dari bayi, remaja, hingga orang dewasa. Bentuknya yang simpel dan warna yang menarik tentu cocok untuk digunakan sebagai penutup kepala bayi. Anak kecil dan remaja juga bisa menggunakan peci jenis ini, berbeda dengan peci atau kopyah lain yang kesannya atau umumnya digunakan oleh kalangan bapak-bapak atau orang tua. Namun peci ini tetap bisa digunakan oleh orang dewasa, penampilan menggunakan peci jenis ini juga akan memperlihatkan kesan yang lebih santai.

Demikian beberapa informasi mengenai karakteristik yang ada pada peci yang dibuat dengan merajut. Banyaknya pilihan jenis penutup kepala tentu menyenangkan bagi para pecinta peci. Semakin banyak model yang ada semakin banyak koleksi peci yang bisa Anda simpan. Memiliki peci rajut menjadi keuntungan tersendiri dengan kelebihan yang dimiliki. Anda bisa berpenampilan keren dengan beragam pilihan peci dan bisa Anda kenakan setiap waktu tanpa harus untuk ke acara resmi saja.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*