Cara Agar Anak Anda Mandiri dan Tidak Cengeng

Cara Agar Anak Anda Mandiri dan Tidak Cengeng

Anak adalah titipan Tuhan yang diberikan pada orang tua. Semua orang tua pasti mengharapkan yang terbaik untuk anaknya. Setiap anak memiliki sifat yang berbeda. Salah satu sifat yang banyak dimiliki anak-anak yaitu cengeng. Sedikit susah memang menghilangkan sifat ini. Sifat cengeng ditandai dengan ketergantungan anak pada orang tua yang berlebihan. Anak sering menangis dan tak berani menghadapi masalah yang dihadapinya. Sebagai orang tua, merasa khawatir berlebihan bukanlah hal yang baik. Sebenarnya ada cara-cara ampuh yang bisa membuat anak menjadi lebih mandiri dan tak cengeng lagi. Cara-cara ini mungkin tak langsung terlihat dalam sehari dua hari sebab harus dilakukan secara terus-menerus.
Cara Agar Anak Anda Mandiri dan Tidak Cengeng
Cara Agar Anak Anda Mandiri dan Tidak Cengeng dengan Mudah

1. Jangan Manjakan Anak
Untuk melatih kemandirian anak, Anda harus tegas dan tidak memanjakan anak. Terkadang, sebagai orang tua Anda mungkin merasa sedih jika tak bisa menuruti segala keinginan anak. Padahal, mendidik anak yang baik adalah dengan tidak mengiyakan semua keinginan anak. Jika anak meminta sekali, turutilah jika memungkinkan. Namun jika meminta yang kedua kalinya, beri pengertian dengan alasan yang masuk akal. Anak mungkin akan merasa kecewa dan akhirnya menangis. Nah, disinilah waktu Anda mengendalikan sifatnya.

2. Beri Anak Kepercayaan
Anak yang cengeng dan kurang mandiri biasanya disertai sikap manja. Salah satu sifat manja yang biasanya ditemukan pada anak-anak adalah tidak berani tidur sendiri. Di usia tertentu, anak-anak harus belajar tidur sendiri di kamarnya. Jika anak tak dibiasakan, maka akan mempengaruhi psikologis atau emosioal anak. Jalan keluarnya adalah menemani sejenak si kecil sebelum tidur, selanjutnya beri reward jika bisa tidur sendirian tanpa dampingan orang tua. Buat anak merasa nyaman dengan kamarnya. Jika tak nyaman, anak akan merasa susah untuk tidur sendirian.

3. Buat Dia Berbicara
Seorang anak yang cengeng harus dilatih lebih mandiri dengan cara mengajaknya berbicara dari hati ke hati. Buat ia menceritakan aktivitasnya baik di sekolah maupun di lingkungan rumah. Dengan berbicara, anak menjadi lebih terbuka jadi ketika ia mendapatkan masalah orang tua bisa memberikan solusi pada masalah tersebut.

4. Jangan Memarahi atau Mengancam Anak
Anak yang cengeng biasanya akan menangis ketika menghadapi suatu hal yang dianggapnya masalah. Ketika berada di sebuah pesta, jika anak menangis tiba-tiba tak perlu mengancamnya atau malah memarahinya. Jika anak dimarahi, tangisannya takkan berhenti. Justru malah semakin mengeras. Solusi paling tepat adalah dengan membawa ke tempat yang agak sepi dan menenangkannya. Sifat yang dimiliki anak nanti terbentuk hasil pengamatan tingkah laku orang tuanya. Anda tentu tak ingin ia akan meniru sifat Anda yang buruk. Menenangkannya adalah jalan terbaik. Lambat laun anak akan mengerti dan menghentikan tangisannya.

5. Terapi Otak
Selain keempat hal di atas, Anda juga bisa membawanya ke tempat khusus terapi khusus anak-anak. Terapi ini memang dikhususkan bagi anak-anak yang butuh bimbingan khusus dalam mengembangkan perilaku sosial. Salah satu tujuannya adalah agar anak Anda bisa lebih mandiri dalam menghadapi lingkungan sekitar. Selain itu, terapi ini juga bisa mengurangi sikap cengeng anak. Jika memang berniat melakukan terapi ini, segeralah cari terapi otak terbaik di kota Anda dengan melakukan penelusuran di google.

Percayalah, ada kemauan pasti ada jalan. Anak yang cengeng dan kurang mandiri bukanlah sebuah masalah, namun tantangan tersendiri bagi Anda, para orang tua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*