Bagaimana Tips Menghadapi Anak yang Susah Makan

Bagaimana Tips Menghadapi Anak yang Susah Makan

Orang tua mana yang tidak khawatir bila anaknya susah makan? Tentu mereka akan panik jika anaknya tidak mau makan dan mungkin akan melakukan segala cara supaya sang anak mau makan kembali. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah jangan pernah mengancam, memelototi, ataupun membentak anak jika sedang susah makan. Hal ini tidak dianjurkan sama sekali. Cara ini mungkin akan cepat berhasil, namun kesehatan psikologi anak dalam jangka panjang yang menjadi taruhannya. Mereka akan menganggap bahwa waktu makan adalah hal yang sangat menakutkan. Anda tidak ingin anak Anda mengalami hal tersebut, bukan? Untuk itu, dibawah ini akan dibagikan untuk Anda mengenai tips menghadapi anak yang susah makan.

Beberapa Tips Menghadapi Anak Yang Susah Makan

Bagaimana Tips Menghadapi Anak yang Susah MakanBiasanya usia anak yang mengalami masalah susah makan berkisar dari usia 6 bulan sampai 2 tahun. Anak yang susah makan pasti mempunyai beberapa penyebabnya. Sebelum Anda mencari solusi untuk mengatasinya, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah apa sebenarnya penyebab anak Anda tidak mau makan. Jika Anda sudah mengetahuinya, mungkin akan lebih mudah untuk melakukan penanganan selanjutnya. Namun, jika Anda tidak menemukan faktor penyebabnya, Anda bisa melakukan berbagai tips menghadapi anak yang susah makan seperti berikut:

1. Hidangkan Makanan Bervariasi dan Menarik
Makanan yang bervariasi mampu meningkatkan selera makan anak. Karena rasa yang dimiliki dari masing-masing makanan akan berbeda-beda dan membuat anak tidak mudah bosan terhadap makanan yang dimakan. Anda bisa mencampur beberapa bahan makanan dengan warna yang berbeda dan tidak lupa juga menakar nutrisi yang Anda berikan kepada sang anak pada makanan tersebut. Misalnya, Anda bisa mengkombinasikan antara nasi, wortel, brokoli dan juga ayam. Namun, perlu diingat bahwa porsi makan anak berbeda dengan orang tuanya, jadi hidangkan porsi makan dan tekstur makanan yang sesuai dengan usia anak Anda.

2. Ciptakan Suasana Makan Yang Menyenangkan
Menciptakan suasana makan yang menyenangkan akan membuat nafsu makan anak bertambah. Anda bisa mengajak sang anak berjalan-jalan sembari menyuapinya makan. Hal-hal baru yang akan dilihat sang anak bisa meningkatkan mood yang baik terhadap anak. Selain itu, jika anak Anda sangat senang bermain didalam rumah, Anda bisa mengikutsertakan diri Anda dengan bermain bersama sang anak sambil menyuapkan makanan. Saat anak Anda sedang menyantap makanannya, sebisa mungkin jangan memberikan minum lebih sering. Karena, jika anak Anda lebih sering minum daripada memakan makanannya, sang anak akan merasa kenyang lebih cepat karena air yang diminumnya.

Bagaimana Tips Menghadapi Anak yang Susah Makan3. Berikan Cemilan Sehat Untuk Anak
Saat sang anak berusia 2 tahun, mungkin dia akan lebih aktif daripada sebelumnya. Tidak mudah untuk anak menyantap makanannya di meja makan dan tidak melakukan apa-apa. Pada usia ini, rasa ingin tahu anak sangat tinggi sehingga ia akan mengeksplorasi lingkungan yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, sang Ibu bisa menyiasati hal ini dengan memberikan cemilan sehat dalam porsi kecil namun mengenyangkan. Contoh cemilan yang bisa Ibu buat yaitu, donat kentang dengan toping yang bervariasi sesuai selera anak, bola-bola kentang isi sayuran dan daging cincang, sus mini dengan isi fla yang rasanya sesuai kesukaan sang anak dan lain-lain.

Demikian beberapa tips menghadapi anak yang susah makan yang bisa Ibu coba di rumah. Jangan menyepelekan hal-hal kecil yang terjadi pada anak Anda. Karena perhatian kecil yang diberikan orang tua akan sangat berarti untuk perkembangan anak dalam jangka panjang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*